Komunikasi, komunikasi, komunikasi. Kita semua tahu itu penting, tetapi keterampilan komunikasi dapat menjadi tantangan untuk dikembangkan dan diterapkan di tempat kerja. Munculnya tren pekerjaan jarak jauh dan hybrid juga menjadi tantangan baru yang harus dihadapi baik bagi karyawan maupun perusahaann.
Komunikasi yang efektif di tempat kerja dapat bersifat transformatif bagi individu, tim, dan bisnis. Lingua Learn akan menunjukkan kepada Anda mengapa komunikasi itu penting di tempat kerja dan bagaimana mulai membangun keterampilan komunikasi Anda dan tim Anda hari ini.
Mari kita lihat beberapa cara membangun keterampilan komunikasi yang efektif di tempat kerja dan bagaimana impact yang ditimbulkan dari bentuk komunikasi yang baik.
Behind every successful sales team is an even more successful sales training program.
Engagement Yang Lebih Baik.
Komunikasi yang lebih baik menghasilkan keterlibatan karyawan (Employee engagement) yang lebih besar, yang merupakan metrik kunci untuk produktivitas karyawan dan potensi retensi. Ini memperkuat fakta bahwa karyawan yang memiliki skill komunikasi yang baik adalah kontributor utama dalam perkembangan perusahaan, terutama bagi mereka yang memiliki keterampilan dan pengalaman yang unik. Dengan kata lain, kontribusi mereka — dan input yang diberikan — benar-benar membuat perbedaan.
Meningkatkan Moralitas Bekerja
Anggota tim dengan kepuasan kerja yang rendah lebih banyak mengambil cuti, kurang produktif saat berada di kantor, dan sering berdampak negatif terhadap produktivitas karyawan lain saat mereka hadir. Namun, ketika seorang karyawan memiliki pemahaman tentang pekerjaan yang harus mereka lakukan dan bagaimana hal itu berhubungan dengan kesuksesan tim secara keseluruhan, mereka membawa lebih banyak energi dan kebanggaan pada pekerjaan mereka.
Peningkatan Produktivitas
Teknik komunikasi yang lebih baik membantu karyawan untuk lebih memahami peran mereka, yang pada gilirannya membantu karyawan melakukan tugas yang diberikan dengan lebih baik. Sumber daya dan waktu dapat dihemat melalui teknik ini, sehingga hal ini jgua berdampak pada karyawan lebih cepat menyelesaikan banyak pekerjaan dan juga dapat mengurangi stres.
Pengurangan Churn
Dari customer support hingga staf teknis senior, pengalaman yang dimiliki karyawan sama bernilainya dengan pelanggan dan bahkan dengan perusahaan itu sendiri. Tidak ada organisasi yang ingin menyia-nyiakan biaya besar untuk merekrut dan melatih karyawan yang baik dan membiarkannya pergi pergi dengan cepat. Sebagai faktor kunci dalam kepuasan dan keterlibatan karyawan, komunikasi menambah nilai bagi organisasi dengan mengurangi pergantian anggota staf yang terampil dan berpengalaman.
Loyalitas Yang Lebih Besar
Dalam Jangka panjang, mempertahankan karyawan selama bertahun-tahun dapat menambah kekuatan perusahaan dan berdampak pada keuntungan perusahaan itu sendiri. Banyak pekerjaan yang membutuhkan seseorang dengan pengalaman bertahun-tahun, mereka cenderung memiliki keahlian yang memadai untuk mendorong inovasi, memecahkan masalah kritis, dan memimpin orang lain. Bagaimana perasaan seorang karyawan terhadap perusahaan — berdasarkan bagaimana mereka merasa diperlakukan dan dihargai sebagai individu — memengaruhi seberapa loyal mereka nantinya.
Kolaborasi Yang Lebih Baik
Sebagian besar perusahaan saat ini menggunakan teknologi yang tidak mengharuskan anggota tim berada di ruangan yang sama, gedung yang sama, atau bahkan negara yang sama. Pergeseran ini menghadirkan tantangan komunikasi baru, yang berarti manajer dapat memfasilitasi kolaborasi dengan membantu kelompok berkomunikasi secara efektif saat menggunakan teknologi terkini.
Mengurangi Konflik Di Tempat Kerja
Banyak konflik berawal dari miskomunikasi. Komunikasi yang buruk dapat menciptakan hubungan negatif atau bahkan lingkungan kerja yang toxic. Membangun komunikasi yang jelas dapat meningkatkan budaya perusahaan dan mencegah kesalahpahaman antara manajer dan karyawan. Ini termasuk mengasah dan menyempurnakan gaya komunikasi yang berfokus pada mendengarkan orang lain, memiliki empati, dan mempertimbangkan perbedaan individu.
Motivasi yang lebih besar
Psikolog telah menemukan fakta bahwa seseorang yang memahami atau mendapatkan jawaban dari setiap pertanyaan yang dimulai dengan kata "mengapa" cenderung tidak akan memahami atau mengingatnya. Hal yang sama berlaku untuk banyak aspek kehidupan kerja orang. Sebagai seorang manajer, salah satu keterampilan komunikasi utama adalah mendengarkan pertanyaan “mengapa” dan menindaklanjuti dengan “karena”. Pendekatan ini akan membantu Anda memotivasi karyawan.
Dapatkan Training Plan untuk Communication Skill untuk karyawan perusahaan Anda secara gratis dari team Academic Lingua Learn Asia, tingkatkan keterampilan komunikasi team Anda bersama dengan corporate training consultant Lingua Learn Asia serta dukungan penuh dari trainer terbaik kami.